Senin, 02 Agustus 2010

Menjadikan Mobil sebagi Bagian dari Keluarga

Menjadikan Mobil Sebagai Bagian dari keluarga

Penyesalan selalu datang terlambat. Hal ini bisa terjadi pada mobil anda. Jika tidak dirawat dengan baik, mobil yang sudah susah payah dibeli, bisa - bisa rusak tak berdaya. Akhirnya, anda pun terpaksa mengeluarkan biaya tambahan di luar rencana yang cukup besar.
Bagi yang menyenangi otomotif, mobil merupakan salah satu bagian dari keluarga. Oleh sebab itu, berbagai macam perhatian pun tercurahkan kepada mobil. Namun, ada juga yang menganggap mobil hanya sekedar pelengkap. Akhirnya, mobil pun tidak diperhatikan dengan sepenuh hati.
Nah, agar mobil menjadi bagian dari keluarga, sudah saatnya anda memperhatikan dengan cara merawatnya secara berkala. Salah satu caranya adalah dengan mengganti saringan oli setiap menempuh kelipatan jarak 5.000 km. Sebagai panduan, anda dapat memperhatikann petunjuk perawatan yang tertera pada buku manual kendaraan.
Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi seluruh perminyakan, termasuk minyak rem, power stering dan transmisi. Sebab, kondisi minyak dapat memengaruhi keselamatan dan performa mobil.
Perhatikan juga kondisi sistem pengapian. Sebab, kondisi busi yang prima atau penginjeksi bahan bakar yang sempurna, dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar 30%
Periksa kondisi kabel - kabel accu dan terminalnya. Periksa baik - baik bagian dalamnya, jka terdapat korosi, sebaiknya segera anda bersihkan. Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi accu. Lain cerita jika anda menggunakan accu bebas perawatan.
Pencahayaan pun sebaiknya anda periksa juga. Bagian - bagian pencahayaan memegang peranan penting di perjalanan, terutama pada waktu maam hari. Oleh sebab itu, sebaiknya anda memeriksa intensitas pencahayaan seluruh lampu, termasuk lampu utama, lampu sen dan rem.
Agar nyaman dan aman di perjalanan, ban pun sebaiknya ada periksa secara berkala. Jangan sampai ban kuranng angin ketika sedang melaju. Kondisi ini dapat membuat boros konsumsi bahan bakar dan mengurangi usia pemakaian ban. Selain itu, kondisi ban yang buruk pun dapat mengakibatkan kecelakaan. Oleh sebab itu, sebaiknya anda lakukan pengecekan ban secara berkala.
Jadi, sudahkah anda menganggap mobil sebagai bagian dari angota keluarga??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar