Senin, 02 Agustus 2010

Menjaga Si Api - Api

Menjaga Si Api - Api

Komponen pengapian kadang kurang diperhatikan oleh pengguna mobil. Padahal, komponen ini berhubungan erat dengan kinerja pembakaran mesin. Jika kondisinya kurang baik dan bermasala, tenaga mesin dapat menurun.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat diperhatikann agar komponen pengapiann tetap tampil oke.

Hindari rembesan oli

Karat atau bahkan hingga korsleting tentu menjadi hal yang ingin Anda hindari. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menjaga mesin terutama komponen pengapian dari resiko terkena rembesan atau kebocoran oli. Hati - hati kadang oli bisa masuk ke sela - sela kepala silinder karena pakingnya bocor. Apalagi jika terkena busi, wah, bisa - bisa terjadi korsleting.

Perhatikan sambungan koil

Jika mesin terasa pincang atau mungkin tibul loncatan bunga api, coba anda periksa bagian sambungan koil. Mungkin bagian ini longgar. Sebab, pada engapian langsung ( direct ignation ),sambungan antara koil da busi berpotensi kotor atau longgar. Oleh sebab itu, sebaiknya anda membersihkan dan mengencangkan kembali agar arus listrik kembali lancar.

Hati - hati genangan air

Pada musin penghujan seperti sekarang ini , mau tak mau mobil dipaksa menerobos genangan air. Tak jarang pula genangan air yang tinggi membuat mesin mobil terendam. Hati- hati, kondisi ini dapat mengakibatkan masuknya air kedalam ruang mesin.

Ketika hal ini terjadi, secara otomatis, komponen pengapian seperti kabel dan soketnya dapat terendam. Untuk menghindari hal tersebut, usahakan anda tak melewati genangan air yang ketinggiannya melewati setengah diameter roda. Jika harus teraksa melewatinya, sebaiknya anda menjalankan mobil dengan kecepatan rendah.

Perhatikan kondisi kabel dan soketnya

Kondisi soket yang kotor atau longgar tentu akan mengganggu kinerja pengapian. Apalagi untuk sistem pengapian tdiak langsung ( indirect ignation ) yang melibatkan banyak kabel yang terhubung dengan soketnya, mulai dari kabel busi, kabel distributor dan lainya.

Selain itu, anda pun sebaiknya memerhatikan lapisan kabel yang terkelupas atau sobek. Sebab, hal ini dapat berpotensi mengakibatkan terjaidnya hubungan arus pendek ( korsleting )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar